Rawat Kulit dengan Oatmeal

VIVAnews – Semangkuk oatmeal dengan segelas susu dan irisan buah segar tentu nikmat untuk menu sarapan Anda. Tapi oatmeal yang kaya serat tak hanya bisa dikonsumsi untuk menyehatkan tubuh. Bahan makanan yang terbuat dari gandum ini juga banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit.

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Kandungan protein, zat besi, dan juga kalsium dalam oatmeal bisa digunakan untuk merawat kulit. Asam aminonya bisa melembabkan kulit kering dan mengangkat sel kulit mati. Sehingga kulit tak lagi kusam dan lebih kenyal.

Oatmeal juga mengandung bahan hypoallergenic yang sangat aman untuk kulit sensitif dan bisa mengurangi gatal-gatal pada kulit akibat alergi atau gigitan serangga.

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Manfaatnya yang beragam membuat oatmeal saat ini sudah banyak digunakan sebagai bahan baku beragam produk kecantikan. Misalnya saja sabun, scrub, masker wajah, sampo, dan sebagainya.
Ingin melakukan perawatan sendiri di rumah? Anda bisa membuat ramuan scrub berbahan oatmeal yang mudah dan praktis.

Scrub oatmeal dan lidah buaya

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

2 sendok oatmeal
2 sendok brown sugar
2 batang lidah buaya (aloe vera)
1 sendok air lemon

Ramuan ini bisa digunakan untuk melembabkan dan melembutkan bagian kulit yang kering. Campurkan seluruh bahan hingga menyatu. Gosokkan ke kulit yang kering. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda juga bisa melakukan scrub oatmeal ini ke seluruh bagian tubuh.

Masker oatmeal dan pisang

½ buah pisang, kupas kulitnya, lalu haluskan
2 sendok oatmeal
1 gelas susu
2 sendok tepung gandum

Campurkan seluruh bahan, oleskan ke wajah. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih. Masker oatmeal dan pisang ini berkhasiat untuk melembabkan dan melembutkan wajah, mengangkat sel kulit mati serta membuat kulit wajah semakin cerah.

Oatmeal dan madu

½ mangkuk oatmeal
¼ cangkir susu bubuk
2 sendok makan madu murni
Gunakan ramuan di atas untuk mandi berendam, kulit akan terasa lembut dan tubuh juga lebih relaks. Campurkan semua bahan, lalu masukkan ke dalam bak mandi berisi air hangat. Sambil berendam, gosok-gosokkan oatmeal di kulit. Berendamlah selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih dan mandi seperti biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya