Pelantikan Barack Obama

Besuki, Asisi dan Lagu Kebangsaan Amerika

VIVAnews -- Duta Besar Amerika Serikat Cameron Hume menggelar selamatan menghormati Persiden Amerika Serikat terpilih Barack Obama, ini berita biasa. Tetapi, ketika acara ini dilaksanakan bersama Alumni SD Besuki Angkatan 1973 tentu sebuah keistimewaan.

Apalagi, penghormatan di luar gedung kedutaan Amerika di Jakarta seperti ini baru pertama kali terjadi. Berlokasi di SDN 01 Menteng, Jalan Besuki, Jakarta Pusat, acara ini berlangsung mulai pukul 11.00-13.00, Rabu 21 Januari 2009.

Layaknya acara seremonial resmi, kegiatan ini juga ada sambutannya. Mulai dari Cameron Hume, Kepala Sekolah SDN 01 Menteng Kuwadjianto, kemudian ada juga seorang perwakilan dari alumni kelas Obama. Semua teman-teman masa kecil Obama akan hadir di sini.

Acara ini juga akan menampilkan paduan suara SDN 01 Menteng. Mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Amerika, tarian dan musik tradisional Indonesia. Kemudian, Duta Besar Hume akan memotong tumpeng.

"Sekolah itu adalah jalan menuiju Gedung Putih," kata Asisten Sekretaris Jenderal dan Direktur Biro United Nations Development Programme untuk Asia Pasifik, Ajay Chibber, di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, 11 November 2008.

Maklum, riwayat SD ini memang berkaitan langsung dengan Barack Obama. Presiden Amerika ke-44 ini pernah menimba ilmu sambil main petak umpet di sini. Waktu itu, sekolah ini masih bernama SD Besuki. Ketika kecil, teman-teman SD menyapa Obama dengan nama Barry.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Pria kelahiran Hawaii, 47 tahun lalu, itu dibawa oleh ibunya, Ann Dunham, dan ayah tirinya, Lolo Soetoro, ke Jakarta ketika dia masih berusia enam tahun.

Semula, Obama dimasukkan ke Sekolah Dasar Katolik Fransiskus Strada Asisi (Fransiskus Asisi) pada 1968. Sekolah ini berdiri dua tahun sebelum Obama masuk. "Obama sekolah di sini sampai kelas tiga," kata Lusia Sri Wahyuningsih, salah seorang guru di SD Asisi.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

Tadi malam, SD Asisi juga melaksanakan acara nonton bareng pelantikan Obama di Aula Sekolah. Hadir para murid, orang tua murid, guru, bahkan guru yang pernah mengajar Obama pun ikut menyaksikan. "Kami semua bangga dengan Obama," kata Lusi.

Obama pindah ke SD Besuki, Menteng, ketika duduk di kelas tiga. Sekolah ini berdiri pada 1934, sekolah yang dibangun Belanda. Hingga kini, bangunan gedung SD Besuki belum berubah. Menara cerobong asap di atap gedung menjadi ciri khas bangunan tua itu.

Sejak 2002, sekolah berganti nama menjadi SD Model Primary School, Sekolah Dasar Koalisi Regional Asia Tenggara. Yaitu sekolah kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara-negara Asia Tenggara.

Menurut Kuswadiyanto, Kepala SD, . Dia ditugaskan ke sekolah ini belum lama. Kuswadiyanto baru bertugas pada Mei 2005. Wajar juga, bila Kuswadiyanto tidak mengenal Barry, panggilan Barack sewaktu bersekolah di sekolah ini.

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024