Bentrok Brimob-Petani Riau

Komnas HAM Temukan Rumah Permanen Terbakar

VIVAnews - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Manusia akan mengirim tim investigasi ke Riau paling lambat pekan depan, untuk menyelidiki dugaan pelanggaran HAM saat bentrok satuan polisi brigade mobil dengan petani yang pecah pada Desember 2008.

"Tim itu dipimpin Joni Simanjuntak. Mereka akan lakukan klarifikasi beberapa hal yang terjadi saat bentrok itu, termasuk soal kekerasan dan pembakaran rumah dan penggunaan senjata oleh aparat," kata Ketua Komisi Nasional HAM, Ifdhal Kasim kepada VIVAnews, Kamis 22 Januari 2009.

Ia mengungkapkan temuan sementara Komnas HAM menyebutkan rumah yang terbakar dalam bentrok tersebut adalah rumah permanen. "Bukan gubuk seperti yang diklaim brimob. Untuk itu, kami mengirim tim lagi ke sana untuk mengusut lebih lanjut," tambah Ifdhal.

Terkait rumah terbakar itu, tim yang terdiri dari lima orang itu akan membicarakan masalah ganti rugi jika hasil investigasi membuktikan kebenaran soal rumah yang terbakar.

Selain itu, Komnas HAM juga tidak menemukan indikasi penggunaan senjata oleh aparat. "Sewaktu tim Ridha Saleh ke sana, mereka tidak menemukan indikasi penggunaan senjata. Tapi, kami akan klarifikasi lagi melalui tim yang akan berangkat pekan depan itu," ujar dia.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024