Pohon Istana Timpa Pura, SBY datang ke Lokasi

VIVAnews - Pohon Cemara jenis Pinus raksasa di Istana Presiden Tampaksiring, Bali menimpa bangunan tempat ibadah, Pura Tirta Empul. Mendengar peristiwa itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung mengunjungi Pura yang posisinya tepat bersebelahan dengan tembok luar Istana Tampaksiring.

Presiden Yudhoyono saat ini sedang mengunjungi Pura Tirta Empul, Jalan Raya Tampaksiring, Gianyar, Bali pada Jumat, 23 Januari 2009, sejak pukul 16.30 Wita. Luas bangunan yang rusak tertimpa pohon Cemara Pinus mencapai sekitar 212 meter persegi.

30 Ucapan Selamat Paskah yang Penuh Makna untuk Teman dan Keluarga

Padahal sejak dua hari ini, Presiden Yudhoyono masih berada di Sorong dan Manokwari, Papua Barat. Dalam kunjungan ke Bali, Yudhoyono menyempatkan diri mengunjungi Pura yang rusak itu.

Bangunan yang rusak tertimpa pohon istana itu biasa digunakan untuk tempat persiapan upacara. Bangunan itu juga menjadi tempat penyiapan peralatan upacara. Tetapi, bangunan yang kini rusak itu bukan termasuk cagar budaya.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, bila ada bangunan peribadatan rusak tertimpa bencana maka harus dibongkar dan dibuat yang baru. Setiap tahunnya, Pura Tirta Empul selalu menggelar upacara besar Pujawali. Untuk tahun 2009 ini upacara itu jatuh pada Oktober.

Diperkirakan, total biaya untuk merehabilitas bangunan itu mencapai Rp 500 juta. Sedangkan untuk persiapan dan perencanaan penanganan rehabilitasi diperkirakan mencapai satu bulan. Pelaksanaan pembangunan konstruksi akan dimulai pada 5 sampai dengan akhir Agustus 2009. Pohon Cemara Pinus yang berada di dalam Istana Presiden itu menimpa Pura Tirta Empul pada 15 Januari 2009, sekitar pukul 19.00 Wita.

10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!
Pasangan Dokter Dibanjiri Rekor MURI

Hebat! Pasangan Dokter Ini Lagi-lagi Dibanjiri Rekor MURI

Pasangan dokter yang saat ini terus hangat dibahas dr. Attaubah Mufid dan dr. Reza Gladys, Dipl. AAAM tak henti-hentinya menoreh prestasi. Kali ini mereka cetak rekor ini

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024