Air Isi Ulang Tercemar Bakteri E-coli

Ragu, Masak Saja di Suhu 100 Derajat

VIVAnews - Hasil uji sampel yang menyebutkan 27 persen air minum depo isi ulang tercemar bakteri Escherichia Coli (E-coli) membuat ragu masyarakat untuk mengkonsumsinya. Sebaiknya masyarakat memasak hingga 100 derajat untuk menghapus keraguan. 

"Kalau ragu, sebelum diminum baiknya dimasak hingga mendidih," ujar Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Yeniuarti Suaizi seperti dikutip situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Yeni juga meminta  pekerja depo isi ulang untuk memperhatikan kebersihan saat melayani pembeli dan kebersihan areal depo.

Misalnya, pekerja harus mencuci tangan sebelum menjamah botol dan membersihkan galon dengan baik sebelum diisi dengan air.

Hasil uji sampel yang dilakukan Suku Dinas Kesehatan terhadap 85 depo air isi ulang di Jakarta Barat sebanyak 23 depo tidak memenuhi syarat karena mengandung bakteriologis.

Uji sampel dilakukan terkait temuan depo air minum isi ulang yang tercemar bakteri Escherichia Coli (E-coli) dan tidak layak minum di Jakarta Barat

Artinya sebanyak 27 persen depo air isi ulang tidak memenuhi syarat. Dari hasil uji sampel juga membuktikan sebanyak 8 depo air isi ulang tidak layak minum.

Sedangkan pada pengujian zat kimia, sedikitnya 8 depo tidak layak minum dari 85 depo yang diuji. Sebab kandungan zat kimia seperti keasaman dan basah air berada di ambang batas standar.

Gerindra Akui Agenda Pertemuan Prabowo dengan Megawati Sedang Disusun
Petugas mengangkut barang milik pedagang pasar kutabumi

Aksi Pelemparan Batu Warnai Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Aksi pelemparan batu mewarnai proses pembongkaran bangunan pasar dalam revitalisasi Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Kamis, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024