Pemilu 2009

Prajurit TNI Tak Netral Ditindak

VIVAnews - Jauh-jauh hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah menyatakan netralitasnya dalam Pemilu 2009. Meski demikian, masih ada pelanggaran di lapangan.

Buktinya, kata Ketua Badan Pengawas Pemilu, Nur Hidayat Sarbini, ada laporan dari Panglima Daerah Militer Cenderawasih. "Yakni dipakainya atribut dan gambar TNI oleh peserta pemilu," kata dia usai bertemu Panglima TNI, Djoko Santoso di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa 27 Januari 2009.

Demikian pula di Sulawesi Barat. "Ada anggota TNI diikutkan dalam kapal untuk pengawalan atribut partai," kata dia.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Dalam pertemuan dengan badan pengawas hari ini, tambah Nur Hidayat, Panglima menjamin netralitas TNI dalam pemilu, bahwa TNI tidak akan memihak.

Panglima bahkan sudah menerbitkan buku saku sebagai pedoman, memberikan arahan jelas mengenai perilaku prajurit, mana yang boleh dan tidak dalam pemilu. "Beliau [panglima] ingin netralitas TNI terimplementasi di lapangan," kata Nur Hidayat.

Bagaimana jika ada anggota TNI yang melanggar? "Beliau [panglima] menekankan kalau ada kekeliruan dan pelanggaran laporkan saja pada panwaslu," kata Nur Hidayat.

Prajurit yang melanggar, kata dia, akan ditindak sesuai aturan. "Jika ada pelanggaran atau prajurit yang melanggar akan kami tindak lanjuti ke instansi yang berwenang yakni Komisi Pemilihan Umum, polisi, atau ajukan langsung ke panglima," kata dia.

Netralitas TNI dalam pemilu berkali-kali ditegaskan oleh Panglima TNI. Masuknya para prajurit kedalam politik praktis, menurut Djoko, akan membuat TNI tidak bersifat netral. Oleh karena itu, sebagai prajurit yang profesional TNI harus tetap konsisten pada tugasnya.

Untuk para purnawirawan, lanjut dia, tidak menjadi bagian dari TNI lagi. TNI tidak mempunyai wewenang untuk melarang atau memberikan sanksi bagi para purnawiran yang masuk partai politik atau calon Presiden

Dalam perpolitikan Indonesia, sejumlah nama besar mantan purnawirawan TNI selalu menghiasi wajah politik Indonesia. Para mantan jenderal itu, banyak yang menjadi pengurus partai, menjabat dijajaran eksekutif atau legislatif dan bahkan menjadi Presiden.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024