Penyakit Menular

Waspada, Pandemi Influenza Ancam Indonesia

VIVAnews - Jangan remehkan penyakit influenza. Kepala Pelaksana Harian Komisi Nasional Flu Burung dan Pendemi Influenza, Bayu Krisnamurthi mengatakan pandemi atau wabah influenza sedang mengancam dunia. Indonesia, kata dia, harus bersiap.

"153 ribu orang diperkirakan akan meninggal dunia jika pandemi influenza itu menyebar di Indonesia," kata dia dalam Forum Lokakarya Nasional Simulasi Respon Pandemic Influenza di Hotel Santosa, Senggigi, Nusa Tenggara Barat, Selasa 27 Januari 2009.

Saat ini, kata dia, masyarakat global sedang mengkhawatirkan jika virus flu burung (H5N1) yang menular dari unggas ke manusia, bermutasi, lalu bisa menular antarmanusia.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Padahal, kata Bayu, tak hanya flu burung, pandemi juga dapat terjadi akibat mutasi virus lain.

Sebagai pencegahan, tiap provinsi di Indonesia membutuhkan ventilator. "Kita tidak tahu kapan dan dimana pandemi influenza itu akan terjadi, yang terpenting saat ini semua sektor harus siap siaga menghadapinya," kata Bayu.

Ditambahkan dia, pemerintah pusat dan daerah harus bekerjasama menghadapi ancaman pandemi influenza. "Indonesia perlu segera mengaktifkan program simulasi dan respon secara nasional," ujar Bayu. 

Komisi, kata Bayu, juga tak jalan di tempat. Hubungan komunikasi dengan lembaga kesehatan dunia serta negara lain sudah diretas. Bahkan, program kesiapsiagaan dan respon terhadap pendemi influenza global di Indonesia mendapat dukungan dari Lembaga PBB untuk urusan anak-anak atau UNICEF.

Lokakarya pandemi influenza diikuti oleh tiga provinsi yaitu Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rencananya, program kesiap siagaan dan respon terhadap pandemic influenza ini akan diadakan di sembilan kota lainnya yang mencakup 11 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Papua.  

Laporan: Edy Gustan| Nusa Tenggara Barat

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024