Rempah

Lengkuas

VIVAnews – Lengkuas adalah salah satu bumbu wajib di dapur para ibu di Indonesia. Rempah yang satu ini banyak digunakan dalam berbagai masakan tradisional Indonesia berbumbu kuat seperti kari dan rendang. Lengkuas juga banyak dipakai untuk  bumbu gorengan baik masakan unggas, ikan, atapun tahu dan tempe.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Rempah asli Indonesia ini diambil umbi dari akar rimpangnya. Selain banyak digunakan sebagai bumbu di Indonesia, lengkuas juga dipakai untuk melezatkan masakan di negara Asia lainnya seperti Thailand, Malaysia, Laos, Cina dan India.

Lengkuas mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai antibakteri dan antimikroba. Bahan inilah yang membuat lengkuas menjadi pengawet alami masakan.

Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana

Tanaman yang memiliki nama latin Alpinia galangal ini juga memiliki khasiat obat. Masyarakat Jawa dan China telah melakukan pengobatan tradisional dengan menggunakan lengkuas.

Minyak atsiri berfungsi sebagai obat tradisional untuk mengobati masuk angin, perut kembung, mual, rematik, batuk, pereda nyeri, serta meningkatkan nafsu makan. Selain itu, lengkuas juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti gatal akibat jamu atau alergi, panu, kadas, eksim, dan sebagainya.

100 People Still Missing in Moscow Concert Hall Attack

Satu jenis lengkuas yaitu lengkuas merah (Alpinia purpurata) memiliki khasiat obat yang lebih banyak. Menurut beberapa penelitian, lengkuas merah bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi diare  bronchitis, bahkan menjadi ramuan untuk meningkatkan kemampuan seksual.

Lengkuas bisa dimanfaatkan untuk minuman kesehatan sehari-hari seperti minuman jahe atau kunyit. Umbi lengkuas dimemarkan lalu diseduh dengan air hangat. Tambahkan gula jawa atau madu untuk menghilangkan rasa pahitnya. Ramuan ini bisa membantu menjaga kesehatan Anda.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024