Waspadai Badai Eddy Awal Februari

VIVAnews - Sebagian wilayah Jakarta berpotensi terjadi banjir lagi pada akhir Januari atau awal Februari 2009. Prediksi ini disebabkan karena hujan lebih banyak turun di Jakarta.

Prediksi itu berdasarkan informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Kamis, 29 Januari 2009. Kepala Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Darmaga Bogor, Endang Suprapti mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca sepekan ke depan akan turun hujan dengan intensitas lebih tinggi di bagian utara Jawa Barat, yakni di sekitar Jakarta.

"Perubahan pola hujan itu disebabkan oleh pusaran 'Eddy' yakni pusaran angin di Kalimantan Barat dan tekanan udara rendah di Barat Daya Sumatera serta di Timur Laut Australia," kata Endang.

Dijelaskan dia adanya pusaran 'Eddy' dan tekanan udara rendah dapat mengakibatkan pola hujan yang sebelumnya turun di bagian Selatan Jawa Barat menjadi berubah. Awalnya di Bogor dan Bekasi, bergeser ke Utara di Jakarta.

Apalagi, curah hujan rata-rata bulanan di Bogor dan Jakarta pada Januari juga tinggi, yakni 420 milimeter per bulan. Akhir Januari hingga awal Februari merupakan puncak musim hujan, di sebagian lokasi di Jawa Barat, dari musim hujan yang terjadi sejak Oktober 2008 hingga Maret 2009.

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus
Militer Israel menunjukkan salah satu bangkai rudal balistik Iran

Stabilitas Sektor Jasa Keuangan RI Masih Terjaga, OJK Tetap Waspadai Konflik Iran-Israel

Rapat Dewan Komisioner Mingguan OJK pada 17 April 2024 menilai, stabilitas sektor jasa keuangan nasional terjaga, di tengah memanasnya konflik di antara Iran dan Israel.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024