Teh Herbal Pereda Stres

VIVAnews – Paling nikmat membuka hari dengan secangkir teh hangat menemani kita sarapan. Bagi para penggemar teh, rasanya ada yang kurang jika belum menyesap teh. Baik pagi, siang, sore, hingga malam menjelang tidur, teh sepertinya tak bisa ditinggalkan.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Minum teh sudah menjadi gaya hidup di berbagai negara. Terlebih setelah khasiatnya untuk kesehatan kian banyak terungkap. Teh semakin populer sebagai minuman untuk tren gaya hidup sehat.

Beberapa tahun belakangan, berbagai jenis teh herbal banyak bermunculan. Tapi belum semua orang tahu masing-masing manfaatnya. Apa saja bahan berkhasiat yang terkandung di dalam teh herbal?

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Chamomile (Matricaria recutita): Mengatasi insomnia
Bunga mungil berkelopak putih dengan bagian tengah kuning cerah ini dikeringkan lalu ditambahkan dalam seduhan teh. Aromanya yang mirip apel bisa membantu menenangkan perasaan. Teh chamomile mengandung valerianic acid yang bisa membantu Anda meredakan tegang dan mengurangi masalah insomnia.

Selain itu, teh chamomile juga mengandung zat yang mampu mengatasi kejang otot, sehingga bisa menjadi pereda nyeri atau kram perut pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Jika diminum setiap hari, teh chamomile membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai virus termasuk influenza.

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Peppermint (Mentha x piperita): Mengatasi gangguan pencernaan
Baik dalam kondisi segar maupun kering, peppermint bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Zat dalam daun mint bisa membuang gas dalam perut serta mengurangi gejala mual dan muntah.

Lemon Balm (Melissa officinalis): Meredakan lelah
Daun ini sangat mirip dengan daun mint. Teh lemon balm bisa mengurangi rasa lelah dan nyeri otot. Wanginya yang segar seperti lemon bisa menurunkan rasa stres, tegang, dan membangkitkan semangat. Teh lemon balm juga bisa membantu Anda tidur lebih lelap dan segar saat bangun di pagi hari.

Rosemary (Rosmarinus officinalis): Menghilangkan sakit kepala
Daun yang juga bermanfaat sebagai bumbu masakan ala Eropa atau Mediteranian ini juga banyak dipakai untuk memberi cita rasa pada teh. Rosemary bisa menjaga pembuluh darah tetap baik sehingga aliran darah ke seluruh tubuh tetap lancar. Sebab itu, teh rosemary bisa Anda konsumsi untuk meredakan sakit kepala.

Thyme (Thymus vulgaris): Mengurangi gejala batuk, bronchitis dan sinus
Jika tenggorokan terasa gatal akibat gejala flu, redakan dengan secangkir teh thyme. Daun yang juga merupakan bumbu masakan ini bisa melegakan tenggorokan dan hidung serta mengatasi gatal yang tidak mengenakkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya