Sunset Policy Berakhir Februari

Wajib Pajak Bisa Urus NPWP di Mal

VIVAnews - Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan memperkirakan puncak pembayaran pajak akan terjadi pada Februari 2009, seiring berakhirnya program sunset policy. Untuk mengantisipasi lonjakan wajib pajak yang mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak, Ditjen Pajak akan membuka counter di mal-mal.

"Februari sunset policy akan habis. Kita memperkirakan akan terjadi lagi puncak pembayaran pajak," kata Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution disela Tax Award 2008, Kamis 29 Januari 2009 malam.

Namun kesibukan Ditjen Pajak, kata Darmin, tidak akan berakhir Februari saja, setidaknya dalam tiga bulan ke depan akan terjadi kesibukan yang luar biasa. Setelah puncak sunset policy di Februari, pada Maret biasanya SPT orang pribadi mulai masuk dan April SPT adalah batas terakhir masuknya SPT wajib pajak badan.

"Jadi tiga bulan ke depan ini adalah bulan yang sangat khusus bagi pembayaran pajak. Atas pengalaman khusus tanggal 31 Desember, kita sedang menyiapkan agar penyerahan SPT lebih mudah," kata Darmin.

Jika sebelumnya wajib pajak harus menyerahkan SPT di kantor pajak bersangkutan, mulai Februari wajib pajak boleh menyerahkan SPT di mana saja dan aparat pajak akan masuk ke tempat-tempat tertentu seperti mal sehingga wajib pajak yang sedang jalan-jalan mengisi libur pun bisa menaruh SPT-nya.

"Kita menyadari dengan jumlah NPWP yang begitu besar, kalau 2006 baru enam juta, maka pada akhir tahun lalu sudah 10,5 juta NPWP dan pada bulan ini sudah ada 750 ribu tambahan baru. Jadi ini masih bertambah terus sehingga kita antisipatif. Jangan
sampai WP bertambah tapi mereka susah bayar pajak," tutur Darmin.

Darmin juga berjanji tidak akan mengulang kasus di Desember lalu, di mana wajib pajak kesulitan membayar karena tutupnya sejumlah kantor pajak. Ditjen Pajak akan memperpanjang pelayanan. "Sehingga tidak terjadi penambahan. Yang repot kalau numpuk yang dimarahin kantor pajak. Dan selalu ucapan marah yang keluar, membayar pajak kok susah, kita mau menyerahkan uang
untuk negara kok sulit," kata Darmin.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024