17 Pelabuhan Direnovasi Tahun Ini

VIVAnews - PT. Indonesia Ferry (Persero) akan merenovasi 17 pelabuhan penyeberangan dari 34 pelabuhan yang dikelola perusahaan penyeberangan tahun ini. Renovasi dalam rangka memodernisasi pelabuhan penyeberangan akan menghabiskan investasi Rp90 miliar.

Beberapa pelabuhan penyeberangan yang akan direnovasi tersebar di beberapa kawasan selatan yaitu Bakauheuni, Merak, Lambar, dan sepanjang Pulau Sumatra Jawa Bali, Lombok, Sumbawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi, yang merupakan wilayah perekonomian utama. Kemudian dilanjutkan dengan renovasi sabuk timur kemudian baru lintasan lain.

Dirut PT Indonesia Ferry Bambang Suryanto mengatakan perseroan akan membenahi pelabuhan sebagai bagian pelayanan penyeberangan. "Kami menggunakan dana internal perusahaan," ujar Bambang pada Diskusi Forum Wartawan Perhubungan di Cisarua Bogor 30 Januari 2009.

Pembenahan pelabuhan termasuk memperbaiki lalu lintas perdagangan dan pelabuhan, port management system, serta keamanan pelabuhan. Modernisasi salahsatunya bertujuan memperbaiki jumlah penumpang.

Lebih lanjut, menurut dia, pelabuhan Merak yang saat ini tengah dalam pengembangan 20 persen renovasi disebutkannya akan menjadi barometer pelabuhan penyeberangan di Indonesia.

Pelabuhan Merak akan menjadi daerah penunjang Jakarta kedua setelah Bandung yang menjadi tujuan wisata. "Pelabuhan penyeberangan tidak sekedar sebagai transit, tetapi diharapkan juga diperindah sebagai tempat rekreasi," ujar dia. 

Sementara, peremajaan kapal, juga menjadi salahsatu pendukung modernisasi kapal yang saat ini 70 persen diantaranya berusia lebih dari 20 tahun keatas.

Meskipun umur kendaraan tidak terlalu berpengaruh asalkan perawatan dan maintanance baik, unsur pembaruan kapal akan mendukung perbaikan industri perkapalan.

Kendala yang dialami dalam investasi peremajaan seringkali berasal dari perbankan yang sulit mengeluarkan kredit. "Kedepan pembiayaan sektor perkapalan harus dipermudah," katanya. Hal lainnya adalah pemberlakuan tarif pasar yang berbasis pasar pada jangka panjang.

KPU Kabupaten Tangerang Buka Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada 2024: Tersedia 967 Kuota
Berburu diskon tiket pesawat internasional [dok. Dwidayatour Carnival 2024]

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Bagi para traveler yang ingin mencari paket promo perjalanan menarik ke sejumlah destinasi wisata internasional jangan ketinggalan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024