Rambut Rontok, Normalkah?

VIVAnews - Rambut Anda rontok?  Jangan langsung panik. Tarik nafas panjang dan tenangkan pikiran. Anda boleh lega, kerontokan rambut adalah normal.

Setiap orang kehilangan 40 sampai 120 helai rambut setiap hari. Banyaknya rambut yang rontok dipengaruhi jumlah rambut yang dimiliki, usia Anda, dan tingkat pertumbuhan rambut. Semakin terawat rambut Anda, kerontokan akan lebih jarang.

Berikut ini penyebab-penyebab rambut rontok yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Faktor cuaca. Di negara empat musim, kerontokan rambut paling parah terjadi di musim gugur. Jadi, jika Anda akan bepergian di negara yang sedang mengalami musim gugur, jangan kaget. Akan lebih banyak rambut menempel di sisir Anda atau jatuh di lantai kamar mandi ketika Anda keramas.

2. Diet. Peringatan bagi Anda yang sedang menjalani diet. Jika rambut Anda yang rontok luar biasa banyak, bisa jadi diet yang Anda jalankan salah. Menurut ahli penyakit kulit dari University of Pennsylvania, George Cotsarelis kekurangan zat besi selama masa diet bisa jadi penyembab kerontokan rambut. Sebaiknya, berkonsultasilah dengan dokter, atau mengkonsumsi suplemen zat besi.

Ketum PAN Siapkan 2 Kadernya di Pilkada Jakarta, Eko Patrio Salah Satunya

3. Usia. Menjadi tua itu pasti, demikian juga rambut. Semakin tua, folikel rambut menyusut atau bahkan mati, helaiannya makin pendek. Rambut juga akan semakin menipis, selaras pertambahan usia, khususnya setelah perempuan mengalami masa menopause. Namun, pengaruh usia pada kerontokan rambut juga dipengaruhi faktor genetik.

4. Kehamilan. Beberapa perempuan mengalami kerontokan rambut selama masa kehamilan atau pasca melahirkan. Itu disebabkan oleh perubahan hormonal. Beberapa perempuan juga mengalami kerontokan rambut saat mengkonsumsi pil KB.

5. Sakit atau stres. Kerontokan rambut biasa dialami saat sakit. Stres, penurunan berat badan secara drastis, kekuarangan zat besi, dan masalah pada kelenjar tiroid juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Jika Anda benar-benar khawatir dengan kerontokan rambut, boleh saja pergi ke dokter. Ahli menyarankan Anda baru boleh panik jika area kerontokan melebar atau jika Anda menemukan ada kebotakan di kepala.

Sebab, dalam kondisi normal, perempuan tidak akan mengalami kebotakan, seperti yang lazim dialami pria.

Atlet anggar Indonesia, Arval Raziel

PB IKASI Kirim Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade

PB IKASI yang dipimpin Amir Yanto menunjukkan komitmen dalam membangun prestasi. Dua atlet anggar Indonesia diturunkan dalam Kejuaraan Anggar Asia 2024 di Uni Emirat Arab

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024