Ketua DPRD Sumatera Utara Tewas di Tengah Demo

Desain Pemekaran Solusi Insiden 'Abdul Aziz'

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat mendesak pemerintah dalam hal ini Menteri Dalam Negeri segera mengeluarkan desain otonomi daerah yang menyangkut pemekaran wilayah. Desakan ini terkait aksi unjuk rasa tuntut pengesahan Provinsi Tapanuli yang menewaskan Ketua DPRD Sumatera Utara Abdul Aziz Angkat.

"Sampai-sampai sekarang terjadi insiden serius, maka DPR mendesak pemerintah segera mengeluarkan grand design tahapan otonomi daerah, termasuk masalah pemekaran," ujar Wakil Ketua Komisi Dalam Negeri, Sayuti Asyathri di Gedung DPR, Jakarta Selatan, Selasa 3 Februari 2009.

Dewan pun mengingatkan agar dalam mengupayakan pemekaran daerah, masyarakat tetap mendahulukan prinsip musyawarah mufakat. Selain itu, rakyat diimbau mengedepankan proses politik yang berdasarkan hukum dan menghindari cara-cara kekerasan. "Masyarakat yang cemas memang cenderung anarkis. Inilah yang patut dihindari,"  ujar anggota Fraksi Partai Amanat Nasional ini.

Dengan grand design tersebut, masyarakat, pemerintah, serta DPR memiliki acuan yang jelas untuk membahas proposal pemekaran yang diajukan. Tanpa grand design, pemekaran memang masih terkesan parsial dan sekedar kaya dengan wacana politik.

"Biasanya, pihak-pihak yang ingin meraih simpati, mengajukan usul pemekaran wilayah, namun tidak mengacu pada pemecahan masalah secara substansi," tegas dia. Dia pun menekankan, desain otonomi daerah yang nantinya dikeluarkan oleh pemerintah, diharapkan mengurangi kecemasan masyarakat d daerah-daerah.

Pernyataan ini terkait aksi unjuk rasa menuntut pemekaran wilayah untuk mengesahkan Provinsi Tapanuli Utara. Aksi demo ini berbuntut tewasnya Ketua DPRD Sumatera Utara, Abdul Aziz yang diduga dikeroyok massa. Tetapi polisi menyebutkan, korban tewas karena serangan jantung.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024