Tanpa Spekulasi, Ekonomi Syariah Tahan Krisis

VIVAnews - Perbankan syariah diharapkan dapat menjadi teladan bagi bank agar dapat kembali ke 'khitah'-nya. Sebab prinsip syariah tidak memperkenankan produk yang bersifat spekulatif.

"Jika ini dipraktikkan dengan benar, risiko adanya krisis ini tidak akan ada," kata Gubernur Bank Indonesia Boediono pada saat pembukaan Festival Ekonomi Syariah di Jakarta, Rabu 4 Februari 2009.

Adanya krisis ekonomi keuangan global saat ini memberikan pelajaran berharga bahwa perekonomian yang kuat tidak bisa berdiri di atas kegiatan yang spekulatif. Adanya produk yang makin canggih, kompleks memberi efek samping yang fatal, karena sulit untuk mengukur nilai risiko. "Itu karena instrumen keuangan lepas underlying transaksi," katanya

Bank selayaknya, kata Boediono, tidak bermain spekulatif dan hal itu sudah diterapkan oleh perbankan syariah. Bank syariah mengandung nilai-nilai syariah yang memberikan landasan ekonomi sehat, wajar, adil, dan transparan. Untuk mengembangkan perbankan syariah, BI akan menfokuskan proses edukasi produk perbankan syariah yang diikuti peningkatan layanan syariah.

Saat ini total aset perbankan syariah sebesar Rp 50 triliun, atau 2,1 persen dari total aset perbankan nasional. Angka itu mengalami kenaikan dibanding aset 2007 sebesar 1,8 persen. Total pembiayaan syariah 2008 sebesar Rp 38 triliun atau tiga persen dari seluruh total pembiayaan seluruh bank.

Menurut Boediono, sudah ada kemajuan peraturan terkait bisang syariah yaitu dengan adanya UU Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN), dan UU Perbankan Syariah. Satu undang-undang lagi yang belum disyahkan adalah UU Perpajakan. Dia berharap nantinya UU tersebut dapat menghilangkan kebimbangan masyarakat terhadap produk keuangan syariah.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024