Fadel Muhammad tentang Insiden Demo Sumut

"Kasus Sedih dalam Perjuangan Pemekaran"

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara, Abdul Aziz Angkat tewas di tengah demo menuntut pemekaran Sumatera Selatan. Para pendemo menuntut Dewan mengesahkan pembentukan Provinsi Tapanuli.

"Itu merupakan kasus yang menyedihkan dalam memperjuangkan pemekaran," kata Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad dalam peluncuran otobiografinya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu 4 Februari 2009.

Fadel mensinyalir ada oknum yang mengemudikan demo rusuh tersebut. "Ada kelompok lain," kata dia, tanpa menyebutkan siapa oknum yang dimaksud. Menurut dia, insiden tewasnya Azis jangan dijadikan preseden untuk membatalkan pemekaran daerah.

"Pemekaran bukan barang haram. Jika punya potensi baik, sumber daya baik, pemimpin betul-betul mau mengembangkan inovasi, pemekaran bukan hal yang buruk," kata Fadel.

Salah satu contohnya, tambahnya, adalah Gorontalo. Daerah pemekaran dari Sulawesi Utara, dalam delapan tahun sudah bisa unjuk gigi menjadi daerah yang maju dan berkembang. "Saya ingin menunjukan sebuah daerah pemekaran bisa maju, tergantung cara pengelolaannya," kata dia.

Kuncinya, kata Fadel, jangan buat konsep apa adanya, pemimpin harus punya jaringan," tambah dia.

Tewasnya Abdul Azis berawal dari aksi massa yang menuntut berdirinya Provinsi Tapanuli Selasa 3 Januari 2009. Namun saat politisi Partai Golkar ini hendak dibawa menuju mobil untuk dilarikan, massa datang lebih banyak. Azis lalu pingsan dan dibawa lari ke rumah sakit. Namun nyawanya tak tertolong lagi, dia tewas di rumah sakit.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Menurut versi polisi, dia kena serangan jantung. Namun, keterangan dari sejumlah saksi, yang dikuatkan foto laman waspadaonline, Azis dipukuli oleh massa.

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024