Facebook Ulang Tahun

VIVAnews – Pada tanggal 4 Februari 2004, situs jejaring sosial Facebook resmi diluncurkan.

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Facebook didirikan oleh seorang mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg. Facebook, yang awalnya bernama The Facebook, merupakan situs jejaring sosial yang menghubungkan orang-orang yang memiliki kesamaan minat, hobi, kota, kantor, sekolah, dan sebagainya.

Anggota Facebook dapat menambah teman, berkirim pesan, serta memperbaharui profil mereka. Facebook mengambil inspirasi dari publikasi facebooks yang dibagikan sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat kepada siswa atau staf baru mereka sebagai cara untuk memperkenalkan orang-orang yang ada di lingkungan kampus.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Awalnya, keanggotaan Facebook terbatas hanya bagi mahasiswa Harvard, namun kemudian berkembang hingga mencakup wilayah Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Belakangan, Facebook juga membuka keanggotaan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi lain, siswa sekolah menengah, dan terakhir, siapapun yang berusia di atas 13 tahun.

Facebook memperoleh investasi pertamanya dari pendiri PayPal, Peter Thiel, senilai US$ 500.000 pada bulan Juni 2004. Setahun kemudian, perusahaan investasi Accel Partners dan Geylock Partners menanamkan modal sebesar US$ 12,7 juta dan US$ 27,5 juta untuk Facebook.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Dengan uang tersebut, pada tahun yang sama, Mark membeli domain facebook.com seharga US$ 200.000. Sejak saat itu, Facebook tampil sebagai situs jejaring sosial terkemuka di dunia dengan memiliki lebih dari 150 juta pengguna aktif.

Meskipun hingga tahun 2005 Facebook masih membukukan kerugian hingga US$ 3,63 juta, berbagai perusahanan raksasa terus mengincar saham perusahaan tersebut. Pada 24 Oktober 2007, Microsoft membeli 1,6 persen saham Facebook senilai US$ 240 juta.

Sebulan kemudian, miliuner Hongkong, Li Ka-shing menginvestasikan dana US$ 60 juta untuk Facebook. Menurut laporan BusinessWeek, total valuasi Facebook pada tahun 2008 mencapai US$ 5 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya