Koja Trade Mall Disegel

VIVAnews - Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan DKI Jakarta menyegel Koja Trade Mall. Pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Utara itu beroperasi tanpa mengantongi izin penggunaan bangunan.

Papan segel dipasang sejak kemarin, Rabu 4 Februari 2009. Penyegelan dilakukan setelah pemilik tempat usaha itu tak mengindahkan peringatan P2B. Surat peringatan diberikan sejak Jumat 30 Januari 2009 agar pemilik menghentikan sementara operasional Koja Trade Mall.

Koja Trade Mall telah memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penunjukan dan Penggunaan Tanah (SIPPT). Namun, tempat usaha itu tak memiliki surat Izin Penggunaan Bangunan (IPB).

Dinas P2B belum menerbitkan IPB Koja Trade Mall karena beberapa persyaratan belum terpenuhi. Beberapa syarat tersebut antara lain, uji coba kebakaran yang harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana dan berita acara uji coba instalasi dan perlengkapannya dengan disaksikan petugas dinas atau suku dinas.

Petugas PT Maju Cemerlang Usaha, pengelola Koja Trade Mall, nekat melepas papan segel bertuliskan `Bangunan Ini Disegel` yang telah tertempel di dinding bangunan. Pengelola tetap mengoperasikan tempat usahanya. Pengelola pun tetap melanjutkan pembangunan di lantai empat gedung.

Seperti dikuti situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis 5 Februari 2009, kompleks pertokoan dengan arsitektur Timur Tengah itu beroperasi sejak 24 Desember 2004. Pembangunannya juga diduga menyalahi aturan hukum karena posisinya terlalu dekat dengan pasar tradisional.

Sesuai Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2002 tentang Perpasaraan Swasta, jarak antara mal dan pasar tradisional minimal 2,5 kilometer. Kenyataannya, jarak Koja Trade Mall hanya empat meter dengan Pasar Koja, 1,5 meter dengan Pasar Sinar, 600 meter dengan Pasar Tugu, dan 410 meter dengan Pasar Lontar.

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga
Babe Cabita

Terkuak! Kedermawanan Babe Cabita Diam-diam Beli Baju untuk Anak Panti Asuhan

Mendiang Babe Cabita kembali jadi sorotan menyusul dengan tindakannya. Ya diam-diam ternyata Babe Cabita suka berbagi kepada anak-anak panti asuhan.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024