PNM Akan Turunkan Bunga Kredit UMKM

VIVAnews - Permodalan Nasional Madani (Persero) mempertimbangkan untuk menyesuaikan tingkat suku bunga kredit mikro. Hal itu sebagaiĀ  kelanjutan turunnya suku bunga Bank Indonesia.

Menurut Corporate Secretary PNM Arief Mulyadi, pihaknya sedang mengkaji penyesuaian suku bunga pinjaman kredit. Saat ini, suku bunga kredit PNM yang disalurkan lewat pihak ketiga misalnya lembaga keuangan mikro sebesar SBI ditambah tiga hingga empat persen.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

"Bunga yang disalurkan langsung oleh PNM tidak berbeda jauh," kata dia kepada VIVAnews lewat sambungan telepon di Jakarta, Kamis, 5 Februari 2009.

Pembiayaan kredit mikro, kata Arief, bukan hanya berasal dari faktor bunga, tapi lebih kepada layanan terhadap nasabah seperti tepat waktu, tepat besaran, dan prosedur yang lebih sederhana, sehingga bisa diikuti pengusaha mikro.

Arief menyebutkan, PNM sudah melakukan penyesuaian-penyesuaian suku bunga pada saat ada perubahan kondisi makro.

Penyesuaian terakhir, ujar dia, dengan menurunkan bunga dari 17 persen menjadi 14 persen. "Melihat kondisi sekarang ini akan kami sesuaikan dengan memperhitungkan ongkos-ongkos juga," kata Arief. Ongkos yang dimaksud diantaranya ongkos tagih.

Perseroan pelat merah tersebut optimistis sektor usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi akan terus menggerakkan ekonomi di tengah ekonomi yang melambat tahun ini.

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan

Alasan utamanya, kata Arief, pasar sektor riil lebih banyak digeluti pengusaha mikro dan kecil daripada pengusaha besar. "Sektor riil akan terus bergerak selama masih ada pertumbuhan," tutur dia.

Sektor ini pula yang mampu bertahan pada saat ekonomi Indonesia dihantam krisis ekonomi 1997 lalu.

Tahun ini, PNM menargetkan menyalurkan Rp 1,043 triliun kredit mikro dan kecil. Nilai kredit rata-rata Rp 5 juta dengan kredit jumlah tertinggi Rp 100 juta.

Agar layanan mikro lebih menggeliat, kata Arief, PNM menggiatkan bentuk layanan dengan membentuk unit layanan mikro.

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Sementara itu, perseroan negara yang berdiri tahun 1999 itu selama 10 tahun terakhir telah membiayai 1.500 Lembaga keuangan mikro (LKM), mikro syariah dan BPR. Sedangkan unit yang membiayai langsung terdiri dari 13 cabang, 12 outlet dan secara kumulatif berjumlah 200 outlet.

Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024