Tahun 2009

Mercy Prediksi Penjualan Turun 15,5 Persen

VIVAnews -  Mercedes Benz Indonesia mulai 1 Maret 2009 akan menaikkan harga jual mobil sebesar 2,4 persen dan 4,9 persen kenaikan untuk harga jual bus. Manajemen  memperkirakan penjualan kendaraan penumpang ini akan menurun sebanyak 15,5 persen.

"Tahun ini proyeksi penjualan hanya sebanyak 2.050 unit, menurun dibandingkan tahun lalu sebanyak 2.424 unit," kata Presiden Mercedes Benz Indonesia Rudi Borghnheimer dalam Annual Press Conference 2009 di Hotel Indonesia Kempinski, Jumat 6 Februari 2009 malam.

Perkiraan tersebut, kata dia, berdasarkan proyeksi penurunan pasar otomotif untuk segmen kendaraan premium di tingkat retail sebesar 13 persen menjadi 3.150 unit dari sebelumnya sebesar 3.598 unit. "Mercedes juga hanya menargetkan mampu meraih 65 persen pangsa pasar kendaraan premium untuk tahun ini, turun 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Meski demikian, Mercedes akan tetap menambah lima varian baru di dalam portofolio produknya yang akan diluncurkan hari ini, Sabtu 7 Februari 2009, dan mulai bisa dinikmati masyarakat pada semester II 2009. "Portofolio produk kami pada tahun 2009 akan bertambah menjadi 54 model per varian atau hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2007," kata Borghnheimer.

Selain karena daya beli masyarakat yang sedang turun, kata Deputi Direktur Marketing Mercedes Benz Indonesia Yuniadi H. Hartono, konsumen cenderung menahan uangnya untuk kebutuhan lainnya. "Apalagi pada Januari ini, penurunan penjualan terlihat sekali karena orang cenderung beli habis-habisan di akhir tahun. Itu sudah biasa terjadi," ujarnya.

Namun, manajemen optimis penjualan kendaraan niaga yaitu bus dan truk masih membaik. "Diperkirakan akan ada peningkatan penjualan sebesar satu persen menjadi 575 unit dari penjualan tahun 2008 sebanyak 529 unit," kata Borghnheimer. Optimisme ini seiring dengan perkiraan akan naiknya volume penjualan secara nasional sebesar lima  persen karena adanya kebutuhan peremajaan bus.

"Untuk segmen ini, kami pasang target kuasai 50 persen pangsa pasar," katanya. Untuk itu, Mercedes menambah 1 dealer resmi baru khusus untuk truk sehingga total ada 4 dealer. "Kami akan ikuti perkembangan pasar dan berencana menjual 300 unit truk tahun ini. Borghnheimer memprediksi pasar otomotif bakal pulih pada semester II 2009 atau setelah pemilu.

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami
VIVA Militer: Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Menteri Keamanan Israel, Itamar Ben-Gvir mengatakan bahwa menerapkan hukuman mati kepada tahanan Palestina adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah kepadatan penjara.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024