Pencalonan Tuan Rumah Piala Dunia

Presiden AFC: Go Ahead!

VIVAnews - Presiden Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) Mohammad bin Hammam membuka secara resmi Rapat Paripurna Nasional (Raparnas) PSSI yang digelar di Hotel Borobudur, Minggu 22 Februari - Selasa 24 Februari 2009. Raparnas ini merupakan yang kedua setelah Nurdin Halid menjabat ketua umum PSSI periode 2007-2011.

Selain Hammam, Raparnas kali ini juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault, Ketua KONI, Rita Subowo, dan Menteri Pendiidikan Bambang Sudibyo. Dalam sambutannya, Hammam menyatakan dukungannya atas dua hal yang baru saja dilakukan PSSI.

Pertama adalah keputusan PSSI mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia (PD) 2022. Sedangkan yang kedua soal keberhasilan Indonesia dalam menyelesaikan perubahan terhadap Pedoman Dasar (PD) yang baru.

Sebelum memberikan sambutan, Hammam sempat menyaksikan pemaparan PSSI mengenai keseriusan Indonesia untuk menjadi tuan rumah PD 2022.

"Melihat pemaparan dari PSSI, saya hanya bisa mengatakan 'wow'. Dan saran saya hanya satu, go ahead (lanjutkan),” kata Hammam dalam sambutannya.

Menurut Hammam, meski akan bukan pekerjaan mudah, Indonesia berpeluang untuk menjadi tuan rumah PD 2022. Bahkan dia mengaku akan mendukung usaha PSSI dalam menjagokan Indonesia pada proses bidding.

"Kami sangat bangga bila Indonesia berhasil menjadi tuan rumah PD 2022. Dan jangan takut, negara-negara Asia akan memberikan dukungan untuk rencana ini," kata Hammam.

Selain rencana menjadi tuan rumah PD 2022, Hammam juga memberikan apreseasi kepada PSSI atas keberhasilannya menyusun Pedoma Dasar (PD) yang baru. Menurut Hammam, PD ini menjadi tantangan bagi PSSI. Tantangan tak hanya bagaimana kamu bisa mengembangkan sepak bola. Tapi juga dalam  penerapan disiplin untuk memajukan sepakbola Asia.

"Tapi Anda tidak sendiri. Semua negara di Asia akan mendukung PSSI," tandas Hammam.

Raparnas merupakan kegiatan tahunan organisasi yang bertujuan untuk mengevaluasi program kerja yang sudah dilakukan, dan merancang serta menetapkan rencana kerja dari tahun yang berjalan. Dalam Bab II ayat 22.1.1 Pedoman Dasar (PD) PSSI, peserta Raparnas antara lain Pengurus Pusat, Pengurus Daerah, serta perwakilan klub anggota PSSI.

Di samping jajaran pengurus pusat PSSI, Raparnas juga dihadiri oleh ketua-ketua dari 33 Pengda PSSI, serta 18 pimpinan klub anggota Indonesia Super League (ISL) dan 34 pimpinan klub anggota kompetisi Divisi Utama Liga Esia Indonesia. Masing-masing pengda dan klub Liga Super serta Divisi Utama diwakilkan oleh satu orang.

Rencananya, pelaksanaan Raparnas kali ini sekaligus akan dimanfaatkan sebagai bagian dari sosialisasi untuk penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) PSSI yang direncanakan pada 18-19 April, bertepatan dengan perayaan HUT ke-79 PSSI. Agenda utama Munaslub adalah untuk meratifikasi Pedoman Dasar (PD) PSSI menjadi Statuta PSSI, yang sudah mengadopsi Statuta FIFA.

Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban
Jusuf Kalla

Jusuf Kalla Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Terima Kenyataan

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai ditetapkan KPU RI sebagai Presiden dan Wak

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024