REI Minta Aturan PPh dan PPnBM Direvisi

VIVAnews - Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) meminta pemerintah mengubah beberapa ketentuan menyangkut pajak penghasilan (PPh) dan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) sebelum menjadi keputusan presiden. 

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Ketua REI Teguh Satria mengatakan, keputusan menyangkut PPh harus segera tuntas, sedangkan PPnBM harus ditinjau kembali. Perhitungan nilai  pajak harus berdasarkan kalkulasi pihak-pihak berdasarkan omzet yang diperoleh.

“Kalau ingin diaudit, itu kewenangan Direktorat Jenderal Pajak. Kami tidak bisa berbuat apa-apa,” ujar dia di Jakarta, Senin 20 Oktober 2008 malam.

Pake Obat Kuat Malah Ga Berasa Apa-Apa di atas Ranjang, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

REI mengusulkan PPh sebesar satu persen untuk rumah susun sederhana hak milik (rusunami) dan lima persen untuk perumahan di luar rusunami dan rumah susun sederhana sehat.

Sementara itu, untuk PPnBM, REI mengusulkan adanya perubahan dalam kriteria barang mewah yang dikenakan pajak sebesar 20 persen. Saat ini, pengertian rumah sebagai barang mewah adalah memiliki luas bangunan maksimal 400 meter persegi dengan harga Rp 3 juta per meter persegi.

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Sedangkan untuk apartemen, luas bangunan 150 meter persegi dan harga Rp 4 juta per meter persegi.

“Persyaratan  ini tidak tepat lagi, sebab rusunami saja harganya Rp 4 juta per meter persegi,” jelas dia.

Menurut dia, kategori barang mewah sebaiknya diubah untuk rumah di atas 400 meter persegi dan apartemen lebih dari 250 meter persegi. Indonesia dan Prancis, lanjut dia, merupakan sebagian negara yang masih memberlakukan PPnBM. “Negara lain sudah tidak memberlakukan lagi,” ujar dia.

Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024