HSBC Akuisisi Bank Ekonomi Rp 5,9 Triliun


VIVAnews
- The Hongkong and Shanghai Banking Corp. Ltd akan mengakuisisi mayoritas saham PT Bank Ekonomi sebagai bagian dari upaya untuk memperluas pasar di Indonesia.

"Nanti CEO HSBC Indonesia, Rakesh Bhatia yang akan mengumumkan," ujar juru bicara HSBC Indonesia, Agung Laksamana di Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2008.

HSBC adalah bank terbesar yang berpusat di Inggris. HSBC adalah salah satu bank terbesar di dunia yang memiliki 9.500 kantor cabang tersebar di 85 negara, baik di Eropa, Asia Pasifik, Amerika, Timur Tengah dan Afrika.

Berdasarkan keterangan pers di situsnya, HSBC akan mengakuisisi 88,89 persen saham Bank Ekonomi senilai US$ 607,5 juta atau sekitar Rp 5,9 triliun.

Dengan akuisisi ini, HSBC akan memperkuat bisnis komersial di Indonesia dan memiliki 190 cabang di 24 kota di Indonesia.

Bank Ekonomi didirikan pada 1989 dan terdaftar di bursa efek Indonesia. Dengan 2.200 karyawan dan 86 kantor cabang di seluruh Indonesia, bank ini memiliki aset Rp 17,2 triliun per September 2008. Bank ini juga termasuk salah satu bank papan atas yang melayani jasa bisnis komersial.

Pada 17 Oktober lalu, kapitalisasi Bank Ekonomi mencapai Rp 4,6 triliun dan memperoleh keuntungan sebelum pajak dalam sembilan bulan sebesar Rp 231 miliar.

"Akuisisi ini bagian dari strategi HSBC untuk investasi di pasar dengan pertumbuhan cepat," ujar Sandy Flockhart, Direktur Eksekutif HSBC Holdings plc. Dengan pengalaman 125 tahun di negara ini, HSBC memiliki potensi tumbuh di Indonesia.

Indonesia bukan hanya memiliki kekayaan alam melimpah, tetapi pertumbuhan ekonomi yang tinggi, serta potensi pasar yang besar dengan jumlah penduduk 235 juta jiwa. "Akuisisi ini akan meningkatkan posisi kami di Indonesia," ujarnya.

Berdasarkan perjanjian, HSBC akan mengakuisisi 38,84 persen saham PT Lumbung Artakencana, 38,60 persen PT Alas Pusaka dan 11,45 persen dari pemegang saham individu Bank Ekonomi. Berdasarkan ketentuan yang berlaku di Indonesia, HSBC diwajibkan melakukan tender offer untuk 10,11 persen saham Bank Ekonomi.

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Diskusi Dengan Wakonsul Amerika

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

 Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024