BPS Perkirakan Inflasi Oktober 0,5 Persen


VIVAnews - Badan Pusat Statistik memperkirakan inflasi Oktober sebesar 0,4-0,5 persen atau lebih rendah dibandingkan inflasi September 0,97 persen.

Menurut Kepala BPS, Rusman Heriawan, penurunan inflasi disebabkan oleh selesainya masa puasa sehingga kecenderungan inflasi lebih rendah dari September. "Semua harga bahan pangan juga jinak," ujarnya di Departemen Keuangan, Jakarta, Kamis malam, 30 Oktober 2008.

Pada September, kata dia, memang tidak ada satu kejadian yang luar biasa, kecuali ada beberapa peristiwa seperti minyak tanah langkah sehingga harganya naik. "Jadi, inflasi hanya karena faktor distribusi dan konversi."

Jika melihat siklus tahunan, inflasi memang akan tinggi pada bulan puasa menjelang Lebaran sehingga puncak inflasi terjadi pada September. Tahun ini situasinya lebih istimewa karena puasa utuh pada 1-30 September sehingga pada 1 oktober inflasi tidak tinggi karena bulan puasa telah usai. Karena itu inflasi cenderung lebih rendah.

Ditanya apakah inflasi September dipengaruhi oleh kurs? Dia menjawab, nilai tukar rupiah memang mempengaruhi inflasi terkait dengan inflasi yang disebabkan oleh barang impor. Karena itu, dia mendukung langkah pemerintah jika mau menghambat penggunaan barang konsumsi dari impor. Sebab, meski suplai barang cukup, namun karena rupiah melemah, harga barang akan menjadi mahal.

Dengan perkiraan inflasi Oktober tersebut, Rusman berharap inflasi tahun ini tetap sesuai target 11,4 - 12 persen. Sampai saat ini, inflasi tahunan sudah mencapai 10 persen. Namun, sampai akhir tahun masih tersisa dua bulan lagi.

Mengenai proyeksi pertumbuhan ekonomi, menurut Rusman, kinerja ekonomi 2008 tidak akan terancam karena selama tiga kuartal, pertumbuhan selalu di atas 6 persen. "Mungkin akan terasa pada 2009."

Wow! Siomay Indonesia Dinobatkan Jadi Dumpling Terenak Pertama di Dunia
Pemain PSS Sleman, Saddam Gaffar rayakan gol

Hajar Arema FC, Modal PSS Sleman Selamat dari Degradasi

PSS Sleman menaklukkan tamunya Arema FC dengan skor telak 4-1 dalam laga yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024. PSS Sleman menjauhi degradasi.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024