Forum Pengusaha Palestina Lahir di Jakarta

VIVAnews - Konferensi Internasional Kemanusiaan untuk Korban Penjajahan (International Humanitarian Conference on Assistantship for Victims of Occupation - IHCAVO) Palestina akhirnya mengeluarkan Deklarasi Jakarta. Sebanyak 14 butir pernyataan direkomendasikan oleh sekitar organisasi nonpemerintah (NGO) untuk memperbaiki kehidupan rakyat Palestina.

Rekomendasi yang muncul dari pertemuan tiga hari tersebut di antaranya pembentukan komisi ad hoc untuk pengembangan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia Palestina, pembentukan dewan koordinasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) dengan mendirikan sekretariat bersama di Jakarta, serta pembentukan forum pengusaha Palestina. "Kami berharap pembentukan sekretariat bersama itu dapat terwujud akhir tahun ini," kata Ketua IHCAVO, Suripto, dalam keterangan kepada pers usai penutupan konferensi IHCAVO di Gedung Jakarta Convention Centre di Senayan, Jakarta, Minggu, 2 November 2008.

Menurut Suripto, pembentukan sekretariat bersama LSM tersebut baru dapat terealisasi jika sudah dilakukan pembahasan dalam Komisi Ad hoc. Nantinya, sekretariat tersebut akan bertugas untuk mengatur jadwal pertemuan tahunan negara-negara yang terlibat dalam IHCAVO.

Mengenai pembentukan forum pengusaha, lanjut Suripto, hal itu mutlak diperlukan untuk mengembangkan perekonomian negara. Sebab, sejumlah pengusaha Palestina saat ini tidak memiliki akses untuk menanamkan investasi di negara Timur Tengah tersebut.  "Pengusaha Palestina yang berada di Kanada sulit berinvestasi di negara asalnya padahal mereka memiliki dana hingga US$ 300 juta," ungkap politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

Forum Pengusaha juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Palestina sehingga menjadi negara yang mandiri. Seperti diungkapkan Imam Besar Masjid Al-Aqsa Ekrima Sa'eed Sabri, forum pengusaha Palestina bisa membuat perekonomian negaranya menjadi lebih independen dan kuat.

Jasa Raharja Serahkan Santunan untuk Ahli Waris Najwa Devira, Korban Laka Tol Cikampek
Ketua TKN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid didampingi Deputi Kanal Media TPN Ganjar Mahfud, Karaniya Dharmasaputra saat jumpa pers di Solo

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo

Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid akan bersilaturahmi menemui calon Presiden pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024