Sistem Denda, Rahasia Disiplin Barca

VIVAnews - Kunci sukses Pep Guardiola mengangkat Barcelona mulai terkuak. Salah satunya adalah sistem denda guna menjaga kedisiplinan para pemain.

Sistem ini diterapkan Guardiola khusus bagi pemain yang melakukan tindakan indisipliner. Sistem baru yang diterapkan pelatih baru Blaugrana itu rupanya dianggap sukses di Camp Nou.

Guardiola membuat pasal-pasal baru dalam sistem buatannya itu. Guardiola berencana menerapkan aturan itu juga di luar lapangan.

Seperti yang dilansir El Mundo Deportivo, Selasa, 5 November 2008, Guardiola mengaku juga akan menerapkan aturan ini di luar agenda latihan Blaugrana. Guardiola mengklaim tidak akan pilih kasih dalam penerapannya.

Sistem denda ini rupanya mampu membuat semua pemain Barca memandang keterlambatan sebagai sebuah kerugian. Dalam aturan klub, semua pemain Barca memang harus hadir di sesi latihan satu jam sebelumnya. Pemain yang terlambat akan dikenakan denda sebesar 6.000 euro.

Tak hanya itu, pemain yang ketahuan kelayapan di malam hari juga akan dikenakan denda 2.000 euro. Namun, denda ini hanya berlaku pada Senin-Jumat saja.

Guardiola juga akan mendenda pemain sebesar 500 euro jika terlambat saat makan pagi. Hingga kini sistem denda yang ada memang masih dianggap nyaman oleh semua pemain Blaugrana. Uniknya lagi, denda ini dapat naik jika memang semua pemain menyetujuinya.

Semua uang yang terkumpul dari sistem denda ini akan digunakan untuk makan malam tim dan disumbangkan bagi komunitas lokal Barcelona.

Hingga saat ini, sistem denda yang dibuat Guardiola masih dianggap wajar oleh Lionel Messi cs. Buktinya, tidak ada satupun pemain yang merasa keberatan.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Wakil Ketua Umum Golkar mengatakan bahwa tak boleh ada pembatasan dalam membentuk kabinet, karena merupakan hak prerogatif presiden.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024