Sejarah

Cikal Bakal Pameran Mobil Besar Dunia

VIVAnews—Tahukah Anda, kapan kali pertama pameran besar dunia diselengarakan? Jawabannya adalah 108 tahun lalu, tepatnya 3 November 1900. Pameran yang bisa dikatakan sebagai ”The Grandmother of All Auto Shows” itu diselenggarakan di Madison Square Garden, New York, Amerika.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Pameran ini memang bukan pameran pertama yang digelar di jagat raya. Bukan juga yang pertama di Amerika, serta bukan bukan yang perdana di Madison Square. Tetapi, dilihat dari panjangnya waktu pelaksanaan, jumlah peserta maupun sponsor yang terlibat, pameran ini menjadi pameran otomotif moderen pertama yang pernah ada.

Ketika itu, even yang disponsori Klub Otomotif Amerika tersebut diikuti 66 ekshibitor yang menampilkan 31 model terbaru dan beragam aksesoris untuk keperluan modifikasi. Kendati demikian, antusiasme masyarakat untuk menyaksikan pameran ini itu tidak begitu tinggi. Salah satu alasannya adalah banderol tarif masuk yang mencapai 50 sen per orang (saat ini bernilai sekitar US$ 12.75).

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Tetapi, meski mahal, pameran yang berlangsung selama seminggu ini berhasil menyedot hingga 10 ribu pengunjung. Selain menampilkan model-model terbaru, hal lain yang membuat ajang pameran ini berbeda dari yang pernah ada adalah digelarnya demonstrasi pengetesan akselerasi dan pengereman. Tak hanya itu, pada arena pameran ini juga terdapat sebuah arena berbukit untuk memamerkan kehebatan mendaki beberapa jenis kendaraan.

Dari sekian banyak hal menarik yang ditampilkan dalam even ini, momen terpenting saat itu adalah kemunculan Ransom Eli Olds. Yakni cikal bakal model baru yang dikenal dengan istilah ”roundabout” ini adalah produk rakitan Olds Motor Vehicle Company. Perusahaan yang bermarkas di daerah Lansing, Michigan, tersebut merupakan pabrikan otomotif pertama Amerika yang merilis sebanyak 425 unit mobil sepanjang 1897 hingga 1901.

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

Untuk diketahui, Olds adalah perusahaan pertama yang menerapkan sistem assembly line untuk merakit produk-produknya, bukan Henry Ford. Dan, Curved Dash—generasi roundabout—menjadi mobil pertama di dunia yang diproduksi secara massal. Masa perakitannya antara 1901 hingga 1907.

Mobil yang dibanderol per unitnya seharga US$ 650 (setara $16.500 pada saat sekarang) ini menjadi salah satu mobil terlaris pada masanya. Pada 1908, General Motors membeli Oldsmobile dan memproduksi lebih dari 35 juta kendaraan dengan merek tersebut, sebelum akhirnya GM mengambil alih Olds secara total rumah perakitan Lansing pada 29 April 2004.

Jika Anda berniat menelusuri, sejumlah pecinta otomotif di beberapa belahan dunia masih menyimpan beberapa dari sekian banyak model yang dipamerkan di Garden Square saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya