Barack Obama Jadi Presiden

Hubungan Politik RI-AS Akan Lebih Baik

VIVAnews - Kemenangan Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat akan membuat komunikasi politik Indonesia dengan Amerika Serikat akan lebih baik. Ada tiga faktor yang membuat hubungan kedua negara menjadi lebih baik.

"Saya kira akan lebih baiklah hubungan bilateral kedua negara dibanding saat Presiden Amerika yang sekarang," komentar Theo L Sambuaga, Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi luar negeri, saat berbincang dengan VIVAnews, Jumat, 7 November 2008.

Alasan pertama Theo adalah, Obama secara keseluruhan akan lebih memberi perhatian ke kawasan Asia dibanding presiden George W Bush yang sangat terobsesi dengan kawasan Eropa dan Timur Tengah. Kedua, Obama dari Partai Demokrat. "Pada umumnya presiden dari Partai Demokrat lebih akomodatif dengan kepentingan-kepentingan negara berkembang termasuk negara di Asia," jelas Theo.

"Ketiga, alasan subjektif, Obama memiliki hubungan emosional dengan Indonesia. Obama empat tahun tinggal di Indonesia," katanya.

Selain itu, di jejeran penasihat politik luar negeri Obama terdapat mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Gerhard. Keberadaan Gerhard, menurut Theo, akan membuat pemahaman Obama tentang Indonesia jauh lebih baik.

Sementara mengenai kekhawatiran Partai Demokrat akan mengungkit soal pelanggaran hak asasi manusia di Papua, Theo malah berpikir sebaliknya. Theo malah melihat, ini kesempatan bagi Indonesia untuk melihatkan telah memperjuangkan demokrasi dan hak asasi manusia. "Kita akan lebih terbuka malah," tandasnya.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS
Ilustrasi memakai sunscreen

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Memakai sunscreen atau tabir surya saat keluar rumah sangat penting, terlebih Indonesia merupakan negara tropis yang 'bersahabat' dengan sinar matahari.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024