Tiga Kali Auto Rejection

Saham Bumi Kini di Level Rp 1.610

VIVAnews - Saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) untuk ketiga kalinya terkena auto rejection bawah sebesar 10 persen pada awal transaksi pekan ini. Sebelumnya, harga saham emiten grup Bakrie itu juga terkena auto rejection pada transaksi Kamis dan Jumat pekan lalu.

Harga saham Bumi anjlok Rp 170 (9,55 persen) ke posisi Rp 1.610.             .

Sementara itu, indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada dua menit pertama Senin, 10 November 2008 menguat 36,35 poin (2,72 persen) ke level 1.374,71.

Analis PT Panin Sekuritas Purwoko Sartono mengatakan, IHSG pekan ini masih akan bergerak fluktuatif. Harga komoditas juga masih bergerak fluktuatif dalam tren melemah.

"Perkembangan bursa regional serta pergerakan nilai tukar rupiah masih akan menjadi faktor utama penggerak bursa pekan ini," kata Purwoko kepada VIVAnews di Jakarta.

Menurut dia, penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium sebesar Rp 500 per liter untuk jangka pendek belum berpengaruh secara langsung terhadap pasar. Namun, beberapa saham emiten badan usaha milik negara (BUMN) masih cukup menarik untuk perdagangan jangka pendek.
"Kisaran support dan resistance 1.280-1.410," jelas dia.

Sepanjang pekan lalu, indeks menguat 6,5 persen mengikuti gerak bursa regional yang positif menyusul euforia terpilihnya Senator Barack Obama sebagai presiden terpilih Amerika Serikat (AS) ke-44. Di tengah situasi perekonomian global yang terpuruk, pelaku pasar berharap kebijakan baru Barack Obama akan mampu menyelamatkan pasar.

Beberapa data makroekonomi AS yang keluar pekan lalu, seperti angka pengangguran dan penjualan ritel merefleksikan perekonomian pada kuartal IV-2008 diperkirakan masih melemah. "Hal itu mendorong investor di AS merealisasikan keuntungan pada perdagangan Rabu dan Kamis pekan lalu," jelas dia.
 
Sementara itu, dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) pada level 9,5 persen. Meski direspons negatif pelaku sektor riil, langkah tersebut cukup tepat untuk memberikan sinyal bahwa tren kenaikan suku bunga beberapa bulan lalu sudah akan berakhir.

Pada akhir perdagangan Jumat 7 November 2008 waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB, indeks Dow Jones menguat 248,02 poin, atau 2,85 persen ke level 8.943,81 setelah sempat terkoreksi 10 persen dua hari terakhir. Sementara itu, indeks Standard & Poor's 500 naik 26,11 poin, atau 2,89 persen ke level 930,99, dan Nasdaq menguat 2,41 persen (38,7 poin) menjadi 1.647,40.

Terpopuler: Viral Innova Zenix Tak Kuat Nanjak, Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Anies Baswedan buka suara tentang pilihan Megawati Soekarnoputri yang mengajukan diri menjadi amicus curiae pada sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di MK.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024