Daerah Pemilihan Jawa Barat II

Taufiq Kiemas Dikeroyok Artis

VIVAnews - Empat artis bertarung di daerah pemilihan Jawa Barat II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Terdapat juga sejumlah politisi senior yang memperebutkan 10 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat itu.

Empat artis yang mencoba peruntungannya di Kabupaten Bandung ini, pertama, Rachel Mariam Sayidina. Peraih piala Citra Festival Film Indonesia sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam film 'Arisan' ini merupakan calon nomor 1 Partai Gerakan Indonesia Raya.

Artis kedua adalah Derry Drajat, calon nomor 3 Partai Amanat Nasional. Derry adalah pemain sinetron dan presenter televisi yang pernah menyabet penghargaan Aktor Terpuji Festival Film Bandung 2003. Artis yang tidak merokok ini dilahirkan di Bandung, 39 tahun lalu.

Artis berikutnya adalah Theresia EE Pardede alias Tere. Penyanyi yang telah menelurkan sejumlah album ini maju sebagai calon nomor urut 3 Partai Demokrat. Lulusan Komunikasi Periklanan Universitas Indonesia ini merupakan anak dari pasangan Batak, T.M Pardede dan Lersiana Purba. Tere mungkin menggunakan latar belakang suaminya, Eka Nugraha, yang asli Sunda ketika memilih maju dari daerah pemilihan Jawa Barat II.

Artis terakhir adalah Rieke Dyah Pitaloka. Meski lebih dikenal sebagai 'Oneng' dalam komedi situasi "Bajaj Bajuri', Rieke sangat intens dengan dunia politik. Rieke sebelumnya aktif di Partai Kebangkitan Bangsa, namun mengaku capek dengan konflik internal dan hijrah ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Rieke diletakkan pada nomor urut dua Partai banteng itu.

Di atas Rieke terdapat Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan, Taufiq Kiemas. Menantu Proklamator Soekarno ini, meski berdarah Palembang, tak diragukan lagi akan sukses meraup suara pendukung PDIP yang bertaburan di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, tempat di mana Soekarno menemukan ideologi Marhaenisme.

Pesaing terkuat PDIP meraup suara di Jawa Barat II adalah Golkar, namun pada Pemilu 2009 ini, Golkar mengalami 'perang saudara'. Golkar memasang sejumlah nama besar di daftar calonnya. Pada nomor urut 1 terdapat Agus Gumiwang Kartasasmita. Agus yang sekarang Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Pertahanan Keamanan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar ini adalah anak Ginanjar Kartasasmita, menteri beberapa periode di pemerintahan Orde Baru.

Pada nomor urut 5 terdapat Ferry Mursyidan Baldan, Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Pemilihan Umum dan Rancangan Undang-undang Pemilihan Presiden DPR. Sebagai ketua panitia, jelas Ferry mengetahui betul lika-liku Pemilihan Umum. Meski berdarah Aceh, Ferry dibesarkan di Bandung sampai menamatkan kuliah dari Universitas Padjajaran. Jelas Ferry yang dikenal dekat dengan mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tandjung, ini bukan calon yang bisa diremehkan dalam Pemilu kali ini.

Masih dari Golkar, muncul pula putra Ketua DPR Agung Laksono, Dave Akbarshah Fikarno Laksono, pada nomor urut 12. Dave sebelumnya lebih dikenal aktif di dunia bisnis sebagai Vice President AdamAir yang kemudian bangkrut.

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024